Kamis, Juli 06, 2023

Pentingnya Kuliah

 


Bagi mereka yang merasa sudah cukup saat lulus pendidikan tingkat atas (SMA/SMK), mungkin perlu membaca tulisan ini.

5 Alasan Pentingnya Kuliah Setelah SMA

Inilah beberapa alasan pentingnya kuliah

1. Keahlian Semakin Bertambah dan Spesifik

Hal pertama mengapa kita harus kuliah adalah meningkatkan keahlian dan menjadikannya lebih spesifik. Berkuliah bisa membantu meningkatkan keahlian yang kita miliki sebelumnya. Kita bisa memilih jurusan kuliah dengan minat dan bakat yang kita miliki. Nantinya ketika berkuliah, kita akan fokus pada satu bidang saja.

Beda halnya ketika kita di SMA, kita harus mempelajari banyak hal secara mendasar. Di dunia kuliah kita hanya mempelajari satu fokus bidang yang kalian pilih. Sehingga kita dipastikan akan memahami secara utuh bidang tersebut. Tidak menutup kemungkinan nantinya kita juga akan mempelajari mata kuliah antar-bidang, namun masih dalam lingkup atau fokus yang sama.

2. Lebih Siap dalam Bekerja Nantinya

Hal kedua yang memperkuat alasan kita harus kuliah yaitu menjadikan diri kita lebih siap dalam bekerja nantinya. Dengan banyak pengalaman, baik itu teori maupun praktik ketika kuliah menjadikan kita akan lebih siap menghadapi dunia kerja. Hal tersebut yang menjadikan modal kita ke depannya dalam persaingan kerja.

Selain itu, di perkuliahan sendiri nantinya kita akan dihadapkan pada situasi pemecahan masalah menggunakan konsep-konsep yang ada. Dengan berkuliah kita memiliki pengetahuan akan konsep pemecahan suatu masalah yang lebih efektif. Hal lain juga di zaman sekarang banyak perusahaan yang menyarankan pekerja atau pegawainya memiliki jenjang studi minimal S1. Dengan berkuliah juga bisa memperbesar peluang kita dalam mencari kerja.

3. Mendapatkan Banyak Koneksi

Hal ketiga yang kita harus pertimbangkan mengapa harus kuliah adalah koneksi. Maksud dari koneksi sendiri adalah link atau kenalan. Dengan berkuliah, secara langsung maupun tidak langsung kita akan mengenal orang-orang yang fokus pada satu bidang yang sama atau bahkan bidang lain.

Hal ini merupakan keuntungan bagi kita, karena dengan banyaknya koneksi yang didapat itu artinya banyak peluang atau kemudahan yang akan kita dapat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa koneksi merupakan salah satu hal yang penting ketika memasuki perkuliahan dan akan dirasakan ketika bekerja. Banyak pengalaman dari orang-orang mendapatkan ilmu, pengalaman, pekerjaan, atau proyek-proyek dari koneksi yang sudah dibangun. So, pastikan ketika berkuliah bangunlah koneksi sebanyak-banyaknya.

4. Pengalaman Akademik yang Mumpuni

Hal keempat yang bisa kita dapatkan adalah pengalaman akademik. Hal ini bisa menjadi modal dalam kita menghadapi dunia kerja. Tidak bisa dipungkiri dengan memiliki pendidikan tinggi, kita akan mampu memecahkan permasalahan dengan konsep yang sudah dipelajari. Hal ini karena kita mempelajari suatu bidang keilmuan secara lebih mendalam, spesifik, dan komprehensif.

Semakin banyak kita memiliki pengalaman, maka akan semakin terbiasa juga kita dalam menghadapi suatu permasalah dengan konsep-konsep yang serupa. Maka dari itu, tidak heran banyak pencari pekerja yang lebih menginginkan seseorang yang memiliki pengalaman dan keahlian spesifik di bidang tertentu.

5. Peluang Kerja akan Semakin Besar

Hal kelima atau terakhir dalam list ini adalah, kesempatan kita dalam mencari pekerjaan akan semakin besar. Banyak dari pencari pekerja yang memiliki syarat minimal untuk pekerjanya di jenjang S1. Dengan berkuliah, kita akan memperbesar kesempatan akan memenuhi syarat-syarat tersebut.

Selain itu, dengan banyaknya koneksi yang didapat juga bisa menambah peluang kita dalam mendapatkan pekerjaan. Memang tidak ada yang bisa memastikan dalam mendapatkan sebuah pekerjaan. Namun, dengan berkuliah kalian akan memperbesar peluang dalam bekerja.

Jadi, tunggu apalagi ? Yuk, segera daftar kuliah !!!

(Sumber : umn.ac.id)

#kuliah #alasankuliah #mengapakuliahh #haruskuliah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Boleh donk kasih komentarnya ...

Terima kasih.